You are currently viewing Pelatihan dan Pendampingan Adaptasi Kebiasan Baru SDM Parekraf di Desa Benowo, Bener

Pelatihan dan Pendampingan Adaptasi Kebiasan Baru SDM Parekraf di Desa Benowo, Bener

Pelatihan dan pendampingan adaptasi kebiasan baru SDM Parekraf tahun 2021 dilaksanakan di desa Benowo, kecamatan Bener selama 7 hari dari tanggal 19 – 26 Maret 2021 oleh Badan Otorita Borobudur. Kegiatan ini diikuti oleh perangkat desa dan Pokdarwis sebanyak 20 orang dengan prokes yang ketat. Desa Benowo sebagai bagian dari penyangga Badan Otorita Borobudur seluas 309 Ha diharapkan dengan adanya program pelatihan dan pendampingan ini mampu menjadi desa wisata atau daya tarik wisata dapat menjadi travel pattern maupun supplay chain dari zona otorita.

Dyah Woro S, S.Sos, M.M selaku Kabid Pengembangan Kapasitas dan Promosi Pariwisata Dinad Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo melakukan monitoring dan memberikan materi dalam kegiatan pelatihan dan pengembangan di desa Benowo (19/03/2021). Woro menyampaikan bahwa masa pandemi covid 19 harus bisa disyukuri dan diambil sisi positifnya, karena saat ini adalah waktu yang tepat untuk saling berbenah dalam hal ini sebagai contoh pembersihan area wisata, penambahan dan perbaikan fasilitas, sarana dan prasarana. Melalui BOB yang memberikan kegiatan dalam bentuk pelatihan CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment) diharapkan masyakarat dapat mengikuti dan memanfaatkan dengan baik  selama 7 hari kedepan.

Rangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan SDM oleh BOB selama seminggu adalah sebagai berikut:

Hari 1 : Sosialisasi

  1. Kebijakan pengelolaan DTW pada Adaptasi Kebiasaan Baru
  2. Standar Prosedur Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestaria Lingkungan DTW
  3. Kebijakan-kebijakan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19
  4. Pembentukan Tim Perumus SOP DTW

Hari 2 : Pelatihan

  1. Zonasi kunjungan wisatawan
  2. Menghitung Carrying Capacity di DTW
  3. Mengatur alur kunjungan wisatawan

Hari 3 : Pelatihan

  1. Penyusunan SOP New Normal di DTW
  2. Layanan prima dan Sapta Pesona

Hari 4 : Pendampingan

  1. Pendampingan penerapan SOP Adaptasi Kebiasaan Baru: Sarana dan Prasarana
  2. Pendampingan penerapan SOP Adaptasi Kebiasaan Baru: SDM
  3. Pendampingan penerapan SOP Adaptasi Kebiasaan Baru: Prosedur Operasional

Hari 5 : Pendampingan

  1. Pendampingan penerapan SOP Adaptasi Kebiasaan Baru: Sarana dan Prasarana
  2. Pendampingan penerapan SOP Adaptasi Kebiasaan Baru: SDM
  3. Pendampingan penerapan SOP Adaptasi Kebiasaan Baru: Prosedur Operasional

Hari 6 : Monitoring Pelaksanaan Penerapan SOP Adaptasi Kebiasaan Baru

Hari 7 : Monitoring Pelaksanaan Penerapan SOP Adaptasi Kebiasaan Baru dan Verifikasi

Tinggalkan Balasan